BEDAH TAKTIK: Keberanian Pep berujung kemenangan - Manchester City FC

Accessibility links

Access other Manchester City products

Close

Continue to mcfc.co.uk

Continue to mcfc.co.uk
Musim 2015/16

BEDAH TAKTIK: Keberanian Pep berujung kemenangan

  • 03 Januari 2017 3:36
  • Ditulis oleh@Bungkoes disunting oleh @HanifThamrin
  • Bagikan Ini
  • Bagikan
  • Bagikan
  • Twit
  • Email
  • Saluran lebih

Mimin @mancityIndo mencoba mengulas kunci kemenangan 2-1 City atas Burnley…

Bermain berani

Pep Guardiola berani membuat empat perubahan sekaligus dalam timnya usai kekalahan melawan Liverpool di akhir tahun dengan mengistirahatkan Stones, Zaba, Silva dan Aguero.

Memasang Iheanacho di ujung tombak serta Navas dan Sterling di kedua sayap dalam skema 4-2-3-1 jelas mengindikasikan Pep ingin mengandalkan kecepatan untuk membongkar pertahanan Burnley.

line up

Hal tersebut terbukti saat laga baru berjalan enam menit, Iheanacho mendapat peluang emas yang berawal dari serangan balik cepat Raheem Sterling.

Walaupun Fernandinho diganjar kartu merah usai tekel yang terlalu ‘berani’ terhadap Johan Gudmundsson di setengah jam jalannya laga, Pep tidak gentar untuk memasukan pemain bertipe menyerang di babak kedua.

Keberanian the Blues pun terbayar tuntas dengan dua gol yang bersarang di gawang Tom Heaton selepas jeda sekaligus mengunci tiga poin pertama di tahun 2017.

Menyerang adalah pertahanan terbaik

Sepertinya tidak ada kata bertahan dalam kamus Pep Guardiola. Meskipun bermain 10 melawan 11, Pep tidak mengendurkan serangannya sama sekali, bahkan di 20 menit awal babak kedua, justru Burnley yang tampak seperti kekurangan pemain.

Memasukan Silva dan Aguero di babak kedua terbukti menjadi keputusan yang sangat jitu. Silva di plot menjadi gelandang box to box di depan Toure dan Aguero berperan bebas di sektor depan. Hasilnya, kedua pemain ini sukses mengacak-acak pertahanan Clarets dan berperan dalam dua Gol City.

taktik

Silva secara tidak langsung terlibat dalam gol pertama City saat ia meloloskan bola tendangan Clichy diantara kedua kakinya dan membuat Tom Heaton sedikit kelimpungan. Sementara Aguero secara spektakuler melesakkan bola dari sudut sempit untuk menggandakan keunggulan City.

Diistirahatkannya kedua pemain ini serta perubahan skema di babak kedua mampu memberikan ekstra energi bagi City untuk bermain lebih mendobrak. Dan menyerang tampaknya selalu menjadi opsi yang tepat bagi Guardiola.

‘Duet’ Aguero-Iheanacho

Aguero dan Iheanacho adalah penyerang yang saling melengkapi. Bukan hanya saling menggantikan saat salah satunya absen, tetapi pergerakan dua pemain ini juga mampu membuat serangan lebih variatif.

taktik

Sentuhan Iheanacho (kiri) dan Aguero (kanan) di laga v Burnley (sumber: BBC)

Berdasarkan gambar diatas, pergerakan Iheanacho di babak pertama lebih terfokus ke tengah, dan beberapa kali lihat peluang yang didapatnya adalah hasil pergerakannya menerobos celah kedua pemain bertahan Burnley.

Di sisi lain, Aguero terlihat lebih bermain melebar dan banyak membuka ruang. Terutama di gol kedua, Kun berlari melingkari pertahanan Burnley sehingga terlepas dari kawalan dan dengan bebas mencuri bola liar Sterling dan menciptakan gol.

Kombinasi pergerakan dua pemain ini mampu menciptakan mimpi buruk bagi siapapun yang berhadapan dengannya ditambah kecepatan dan ketajaman keduanya di depan gawang.

Menarik di masa depan untuk melihat kedua pemain ini berduet di lini depan City – atau bahkan membentuk trio bersama dengan Gabriel Jesus.


  • Bagikan Ini
  • Bagikan
  • Bagikan
  • Twit
  • Email
  • Saluran lebih

Situs ini menggunakan cookie. Dengan mengklik ini anda mengijinkan penggunaan cookie..

Ijinkan